Review Transaksi Menggunakan PayLater Traveloka

0
79

PayLater merupakan fitur pembayaran yang dimiliki oleh Traveloka. PayLater dapat digunakan untuk pembelian Tiket Pesawat, Hotel, Pesawat + Hotel, Tiket Kereta Api, Tiket Bus & Travel serta Aktivitas & Rekreasi melalui aplikasi atau website Traveloka. Penulis CakapHukum.com pernah mencoba menggunakan PayLater untuk melakukan pembelian tiket pesawat. Dari hasil analisis penulis CakapHukum.com bahwa PayLater merupakan pihak Kreditur yang memberikan pembiayaan/pendanaan kepada konsumen yang hendak melakukan transaksi pada layanan Traveloka.

Yang menjadi sorotan CakapHukum.com adalah, konsep pembiayaan/pendanaan PayLater yang dimiliki oleh Traveloka tersebut apakah sudah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan? Jawabannya adalah bahwa bukan Traveloka yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK, melainkan Traveloka menggandeng kerjasama dengan salah satu Fintech di Indonesia, yakni Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman). Danamas merupakan Fintech yang sudah terdaftar dan berizin dari OJK dengan nomor perizinan KEP-49/D.05/2017. Sehingga menggunakan PayLater dalam hal bertransaksi pada layanan Traveloka sudah pasti aman dan nyaman, karena proses bisnisnya PayLater diawasi oleh OJK.

Lalu bagaimana penggunaan dan apa saja keuntungan menggunakan PayLater Traveloka?

Mekanisme Pendaftaran PayLater Traveloka
Mendaftar PayLater dapat digunakan pada aplikasi Traveloka yang ada di smartphone. Syarat pendaftaran harus berusia 21-70 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia serta memiliki KTP yang valid, selanjutnya lengkapi informasi yang dibutuhkan dengan mengisi data pribadi, keluarga, dan pekerjaan. Perlu diingat bahwa nomor kontak keluarga yang anda cantumkan merupakan nomor yang valid dan selalu aktif serta mudah dihubungi, karena hal ini menjadi salah satu faktor penentu apakah PayLater anda disetujui atau ditolak.
Selanjutnya tahap terakhir adalah siapkan KTP Anda dan satu dokumen pendukung lainnya yang anda miliki, seperti SIM, kartu BPJS, kartu NPWP atau KK. Foto KTP dan salah satu dokumen pendukung tersebut. Setelah semua proses tahapan berhasil, maka selanjutnya menunggu proses verifikasi yang akan memakan waktu maksimal 1 jam kerja. Pastikan Anda dan kontak keluarga dapat dihubungi dalam rentang waktu ini. Apabila pengajuan PayLater anda disetujui maka anda akan diberikan limit sebesar 2 juta Rupiah yang dapat anda gunakan untuk seluruh layanan Traveloka.

Satu hal lagi, sebaiknya pendaftaran PayLater dilakukan pada hari kerja, karena proses verifikasinya lebih cepat, sedangkan apabila melakukan pendaftaran pada hari libur maka proses verifikasinya akan menunggu hari kerja berikutnya.

Apa saja keuntungan bertransaksi menggunakan PayLater Traveloka

  1. Kemudahan bertransaksi
    Dapat membeli tiket pesawat, hotel dan seluruh layanan Traveloka kapan saja meskipun pada saat bertransaksi anda belum memiliki sejumlah uang cukup.
  2. Pembayaran bisa dicicil
    Melalui PayLater anda dapat melakukan pembayaran dengan jangka waktu yang bervariasi seperti 30 hari, 2 bulan bahkan sampai 12 bulan sejak transaksi dilakukan.
  3. Transaksi aman dan transparan,
    Transaksi memiliki perjanjian yang berisi informasi detail perihal aturan dan ketentuan serta ditandatangani secara elektronik.
  4. Potongan atau diskon yang menarik
    Pengalaman penulis CakapHukum.com sewaktu menggunakan PayLater untuk membeli tiket pesawat mendapatkan potongan diskon 8% dari total harga tiket yang dibeli.
  5. Cicilan ringan dan tanpa biaya
    Khusus jangka waktu pembayaran 1 sampai 3 bulan tidak dikenakan biaya bunga. Pengguna PayLater juga tidak dikenakan biaya tahunan dan tidak dikenakan uang muka setiap bertransaksi.

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here