Perizinan Pinjaman Online DanaKita ditolak OJK

0
76

Otoritas Jasa Keuangan melalui suratnya Nomor S-539/NB.213/2018 tanggal 13 Juli 2018 telah menolak dan membatalkan permohonan perizinan sekaligus membatalkan Surat Tanda Bukti Terdaftar PT Danakita Data Prima sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Penolakan dan pembatalan Fintech DanaKita tersebut dikarenakan DanaKita melanggar Pasal 10 ayat (2), (3), dan (4) POJK Nomor 77/POJK.01/2016. Adapun poin ketentuan yang dilanggar adalah sebagai berikut:

  1. Fintech DanaKita tidak menyampaikan permohonan perizinan atau tidak memenuhi persyaratan perizinan sejak ditetapkan sebagai Fintech yang terdaftar di OJK.
  2. Fintech DanaKita tidak dapat menyampaikan permohonan pendaftaran

Maka dalam hal ini Fintech DanaKita harus menyelesaikan hak dan kewajiban pengguna/konsumen/debitur sesuai dalam surat pernyataan rencana penyelesaian yang telah ditandatangani dan diserahkan kepada OJK.

Meskipun perizinan DanaKita ditolak oleh OJK, namun konsumen/debitur Fintech DanaKita tetap harus menyelesaikan kewajibannya kepada Fintech DanaKita.

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here