Begini cara menyampaikan pengaduan ke OJK

0
1161

Bagi anda yang merasa dirugikan oleh Perusahaan Jasa Keuangan (Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, Perusahaan Efek, Penasihat Investasi, Bank Kustodian, Dana Pensiun, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi, Lembaga Pembiayaan/Multifinance, Perusahaan Gadai, dan Perusahaan Penjaminan), anda dapat menyampaikan pengaduan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun sebelum menyampaikan pengaduan, sebaiknya pahami persyaratan sebagai berikut:

  1. Anda dirugikan secara finansial oleh Perbankan, Pasar Modal, Dana Pensiun, Asuransi Jiwa, Pembiayaan/Multifinance, Perusahaan Gadai, atau Penjaminan dengan nilai kerugian dibawah 500 juta.
  2. Anda dirugikan secara finansial oleh asuransi umum dengan nilai kerugian dibawah 750 juta.
  3. Sebelum mengadu ke OJK, anda harus terlebih dahulu menyampaikan pengaduan kepada Perusahaan tersebut. (Simpan bukti pengaduan kepada perusahaan tersebut).
  4. Anda tidak dapat menerima penyelesaian yang telah Perusahaan lakukan. Atau, Perusahaan telah melewati batas waktu penyelesaian yang OJK tetapkan (20 hari) dari tanggal pengaduaan yang anda kirimkan.
  5. Pengaduan yang anda ajukan bukan sengketa yang sedang dalam proses. Pengaduan juga belum pernah diputus oleh lembaga arbitrase atau peradilan, atau lembaga mediasi lainnya.

Apabila ketentuan diatas sesuai dengan permasalahan anda, maka anda dapat menyampaikan pengaduan kepada OJK melalui pilihan 2 cara berikut:

1. Menyampaikan pengaduan secara online melalui Portal OJK
Anda dapat mengakses https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan dan mengisi form inputan pada portal tersebut dan melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

2. Menyampaikan pengaduan melalui surat tertulis
Anda dapat mengirimkan surat tertulis kepada OJK dan melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Adapun contoh format surat pengaduan kepada OJK dapat anda download disini.

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here