Begini cara menyampaikan pengaduan ke OJK

15
10524

Bagi anda yang merasa dirugikan oleh Perusahaan Jasa Keuangan (Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, Perusahaan Efek, Penasihat Investasi, Bank Kustodian, Dana Pensiun, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi, Lembaga Pembiayaan/Multifinance, Perusahaan Gadai, dan Perusahaan Penjaminan), anda dapat menyampaikan pengaduan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun sebelum menyampaikan pengaduan, sebaiknya pahami persyaratan sebagai berikut:

  1. Anda dirugikan secara finansial oleh Perbankan, Pasar Modal, Dana Pensiun, Asuransi Jiwa, Pembiayaan/Multifinance, Perusahaan Gadai, atau Penjaminan dengan nilai kerugian dibawah 500 juta.
  2. Anda dirugikan secara finansial oleh asuransi umum dengan nilai kerugian dibawah 750 juta.
  3. Sebelum mengadu ke OJK, anda harus terlebih dahulu menyampaikan pengaduan kepada Perusahaan tersebut. (Simpan bukti pengaduan kepada perusahaan tersebut).
  4. Anda tidak dapat menerima penyelesaian yang telah Perusahaan lakukan. Atau, Perusahaan telah melewati batas waktu penyelesaian yang OJK tetapkan (20 hari) dari tanggal pengaduaan yang anda kirimkan.
  5. Pengaduan yang anda ajukan bukan sengketa yang sedang dalam proses. Pengaduan juga belum pernah diputus oleh lembaga arbitrase atau peradilan, atau lembaga mediasi lainnya.

Apabila ketentuan diatas sesuai dengan permasalahan anda, maka anda dapat menyampaikan pengaduan kepada OJK melalui pilihan 2 cara berikut:

1. Menyampaikan pengaduan secara online melalui Portal OJK
Anda dapat mengakses https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan dan mengisi form inputan pada portal tersebut dan melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

2. Menyampaikan pengaduan melalui surat tertulis
Anda dapat mengirimkan surat tertulis kepada OJK dan melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Adapun contoh format surat pengaduan kepada OJK dapat anda download disini.

Semoga Bermanfaat !

15 COMMENTS

  1. Mohon di tindak pinjol pitih kilat yg telah melakukan penyebaran berita kepada semua no kontak saya.. pdahal saya sda mlkukan pembayaran…cara penagihan yg salah …dan mmbuat malu…pdahal saya hx telat 1jam…mhon di tindak

  2. Bagaimana cara untuk melaporkan prsh ass sejak saya tutup polis dari tgl 1 nov 2018..sampai saat ini tdk ada itikat baik atau fedback ke saya untuk solusi penyelesaian…sepertinya saya di campakkan

  3. Pa tolong dong saya di ancam Ama pihak Lion ces pinjaman online hp saya di sadap dan akan di sebarkan ke kontak hp saya pandahal baru telat 5 hari

  4. Mohon di tindak lanjuti tentang pembayaran minimum visa kredit ternya pembayaran minimum hnya bayar bunga 10%/bln , Dan modus managemen visa kredit untuk menagih tanpa memeperhitungkan yg sdh di bayarkan . Kejadian bln january 22 sya di wajibkan membayar sisa kredit sya 5.818.287,- dan telah sya bayarkan 5.500.000,- akhir januari ttp di tgl 11 febuari sya di wajibkan membayar lg 5.818.287,- ini artinya managemen dengan sistemnya akn memeras konsumen kreditnya krn tdk akn hbis2 kredit yg sdh di bayarkan dan bunga 10%/bln melebihi rentenir yg di larang hukum , mohon di tindak lanjuti krn ini kejahatan sistematis dan OJK di beri tugas untuk mengontrok produk keuangan

  5. Bagaimana cara melaporka pinjaman online yg sangat merugikan saya.
    Setiap hari di teror.di ancam.dan semua data saya di sebar ke semua kontak saya.
    Saya tertekan dan putus asa pak.
    Saya berniat byr.tp mereka slalu mengancam saya.tolong bantuanya pak

  6. Saya ingin melaporkan aplikasi online RupiahHero krn telah menyebarluaskan berita tentang pinjaman ke semua kontak pasangan saya, yg mengakibatkan pasangan saya malu smpai berhenti bekerja dan stress berat krn rasa malu, saya memohon kepada bapak/ibu untuk bisa menindak lanjuti hal ini, krn sangat merusak masadepan org lain dan kehidupan org lain

  7. saya mau minta tolong bgm cara melaporkan oknum” yg merugikan dan telah melakukan pencemaran nama baik padahal saya sdh menjelaskan bahkan ada yg ngacem”

  8. Tolong saya sudah 3x dipermalukan oleh kantong solusi dy sms ke semua kontak wa saya dengan bilang saya penipu padahal saya cuma kurang bayar dendanya minjem cuma 800rb saya harus lunaskan 1.700rb gila banget kan tolong saya ingin lapor masalah ini gimana caranya ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here