Perusahaan Gadai wajib patuhi standar ruangan penyimpanan barang jaminan

0
52

Perusahaan Gadai harus memiliki standar ruangan penyimpanan barang jaminan yang dibuat dengan memenuhi standar minimum keamanan dan keselamatan. Dalam Bab IV Surat Edaran OJK Nomor 52 /SEOJK.05/2017 telah diatur perihal tersebut. Perusahaan Gadai wajib memiliki ruangan dengan standar:

  1. Struktur bangunan yang tidak mudah diruntuhkan, dihancurkan, dan didobrak
  2. Tembok keliling yang dibangun secara permanen
  3. Pintu berupa pintu besi dengan menggunakan kunci kombinasi
  4. Sekat pembatas berupa dinding yang memisahkan tempat penyimpanan Barang Jaminan dan tempat pelayanan Nasabah, dalam hal tempat penyimpanan Barang Jaminan berada di lokasi yang sama dengan tempat pelayanan Nasabah.

Intinya adalah bahwa standar ruangan yang dimiliki dapat melindungi Barang Jaminan dari bahaya cuaca dan risiko pencurian. Dalam hal ini regulator juga mewajibkan agar Perusahaan Gadai dapat menggunakan 2 kombinasi perlengkapan keamanan berupa:

  1. Kunci tambahan
  2. Alarm monitoring system
  3. Closed circuit television (CCTV)
  4. Door contact; dan/atau
  5. Panic button.

Meskipun telah memenuhi tingkat keamanan dan keselamatan seperti yang disebutkan diatas, Perusahaan Gadai juga wajib mengasuransikan Barang Jaminan paling sedikit terhadap risiko kebongkaran dan kebakaran. Seluruh standar penyimpanan tersebut harus tertulis dalam suatu pedoman Perusahaan.

Perusahaan Gadai yang melanggar ketentuan tersebut diatas, maka akan terancam sanksi berupa:

  1. Peringatan;
  2. Pembekuan kegiatan usaha ;
  3. Pembatalan persetujuan penyelenggaraan persetujuan penyelenggaraan sebagian kegiatan usaha berdasarkan Prinsip sebagian kegiatan usaha berdasarkan Prinsip sebagian kegiatan usaha berdasarkan Prinsip sebagian kegiatan usaha berdasarkan Prinsip sebagian kegiatan usaha berdasarkan Prinsip Syariah ;
  4. Pencabutan izin unit usaha syariah bagi Perusahaan Pergadaian Pemerintah; dan /atau
  5. Pencabutan izin usaha.

 

Semoga Bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here