Langkah Persiapan Penerapan PSAK 71 bagi Multifinance

0
1156

Otoritas Jasa Keuangan telah menyurati Perusahaan Pembiayaan (Multifinance) untuk segera menyiapkan langkah-langkah persiapan implementasi PSAK 71. Adapun PSAK 71 wajib diterapkan seluruh Multifinance paling lama pada 30 juli 2019. Untuk itu, OJK meminta seluruh Multifinance untuk mempersiapkan langkah-langkah beserta timeline yang diperlukan. Adapun langkah-langkah tersebut wajib dikirimkan kepada OJK paling lama 30 juni 2018.

Lalu seperti apa langkah-langkah yang perlu dipersiapkan Multifinance?

Tim CakapHukum akan memberikan langkah-langkah yang perlu dipersiapkan dalam penerapan PSAK 71, namun untuk Timeline nya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Perusahaan masing-masing.

Langkah 1: Pelatihan Persiapan Penerapan PSAK 71

Yang harus mengikuti pelatihan penerapan PSAK 71 ini adalah Divisi Accounting, Divisi Risk Management dan Divisi Product Management. Pelatihan PSAK 71 sangat banyak, silahkan pilih Vendor yang sesuai bagi Perusahaan.

Langkah 2: Pembentukan Tim Khusus persiapan penerapan PSAK 71

Divisi yang telah mengikuti pelatihan tersebut selanjutnya segera membentuk tim khusus persiapan penerapan PSAK 71. Setelah tim dibentuk, segera dipetakan tugas dari masing-masing anggota tim tersebut.

Langkah 3: Persiapan test dan dokumentasi terhadap SPPI test dan test model bisnis

Mulai melakukan identifikasi jenis-jenis kontrak pembiayaan yang ada di Perusahaan dan selanjutnya mulai analisis kontrak pembiayaan tersebut. Lakukan analisis model bisnis dengan melihat KPI bisnis.

Langkah 4: Rekalkulasi tabel migrasi terhadap AR (Account Receivable)

Mengkalkulasi tabel migrasi terhadap AR selama jangka waktu lifetime terlama selama beberapa tahun.

Langkah 5: Simulasi secara manual

Lakukan pengkajian terhadap stage transfer criteria, period of exposure, faktor makro ekonomi yang relevan. Lakukan juga pengkajian sistem yang ada saat ini dan kebutuhan penerapan sistem baru (bila perlu) sesuai dengan volume transaksi yang ada.

Langkah 6: Simulasi perhitungan sistem otomatis yang baru untuk penghitungan CKPN baru dengan metode impairment dan migration ECL analysis

Lakukan pengumpulan data yang relevan untuk perhitungan PD, LGD dan EAD dan Perhitungan ECL sesuai data yang tersedia dan model yang telah ditentukan

Langkah 7: Gap analysis atas selisih dari CKPN baru vs CKPN lama dan impact terhadap pembukuannya.

Lakukan pengkajian gap analysis terhadap standar PSAK 71

Langkah 8: Konsultasi dengan auditor dari KAP yang ditunjuk Perusahaan

Konsultasi untuk mendiskusikan hal yang terkait dengan penerapan dan metode yang digunakan dan untuk memastikan bahwa nilai pondasi penerapan penting dan basic telah terpenuhi

Langkah 9: Implementasi

 

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here