Konsumen/Debitur harus paham perihal eksekusi kendaraan

0
61

Bagi konsumen/debitur yang mengalami kegagalan pembayaran kredit/pembiayaan hingga status macet, maka Perusahaan Pembiayaan/Multifinance berhak melakukan eksekusi terhadap kendaraan anda. Namun sebagai konsumen/debitur anda harus mengetahui hal-hal berikut:

  1. Multifinance yang hendak melakukan eksekusi kendaraan harus memiliki sertifikat fidusia. Kewajiban memiliki sertifikat fidusia ini diatur dalam Pasal 15 UU Nomor 42 Tahun 1999 tentang fidusia. Bila Multifinance tersebut tidak dapat menunjukan sertifikat fidusia, maka anda berhak menolak langkah eksekusi tersebut. Apabila Multifinance tetap melakukan eksekusi tanpa sertifikat fidusia, maka anda berhak melapor ke Polisi dengan materi laporan perampasan.
  2. Sertifikat fidusia yang dimiliki oleh Multifinance merupakan salah satu langkah mitigasi risiko yang dijalankan Multifinance sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  3. Jadi bila Multifinance tersebut tidak dapat menunjukan sertifkat fidusia saat hendak melakukan eksekusi, itu artinya kemungkinan Multifinance tersebut telah mengasuransikan kredit/pembiayaan anda kepada Perusahaan Penjaminan Kredit.
  4. Ketika kredit/pembiayaan anda sudah diasuransikan, maka artinya kredit/pembiayaan sudah dijamin oleh Perusahaan Penjaminan Kredit. Ketika suatu saat kredit anda macet, maka Perusahaan Penjaminan akan membayar sisa outstanding dengan prosentase yang diperjanjikan kepada Multifinance.
  5. Sejak awal perjanjian kredit anda harus tanyakan kepada Multifinance, apakah kredit anda diasuransikan atau diikat secara fidusia.

Catatan:

Meskipun kredit anda diasuransikan oleh Multifinance, bukan berarti anda berhak untuk tidak membayar kewajiban angsuran anda. Perlu anda ketahui bahwa apabila status kredit anda dilaporkan Multifinance kepada OJK setiap bulannya melalui program SLIK. Sehingga apabila status kredit anda macet, maka hal ini akan merugikan reputasi keuangan anda dan anda akan kesulitan mendapat akses pendanaaan/pinjaman dikemudian hari.

 

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here