Calon Konsumen/Debitur berhak mengetahui informasi status pengajuan kredit

0
46

Dalam hal mengajukan permohonan kredit/pembiayaan, misalnya pengajuan KPR, Kredit/Pembiayaan multiguna, kartu kredit, dsb, terkadang kita menunggu sangat lama mengenai informasi status pengajuan kredit tersebut. Bahkan ketika kita pengajuan tersebut ditolak, Perusahaan Jasa Keuangan terkadang tidak bersedia menyampaikan alasan penolakan tersebut. Apakah hal ini bertentang dengan regulasi perlindungan konsumen?

Perihal regulasi perlindungan konsumen, OJK telah mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan.

Pada Pasal 6 ayat 1 dan ayat 2 dikatakan bahwa:

Ayat 1: Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menyampaikan informasi kepada Konsumen tentang penerimaan, penundaan atau penolakan permohonan produk dan/atau layanan.

Ayat 2: Dalam hal Pelaku Usaha Jasa Keuangan menyampaikan informasi tentang penundaan atau penolakan permohonan produk dan/atau layanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menyampaikan alasan penundaan atau penolakannya kecuali diatur lain oleh peraturan perundang-undangan.

Pada ayat 1 sudah sangat jelas, artinya status pengajuan kredit berhak diketahui oleh calon konsumen/debitur. Pada ayat 2 juga sudah sangat jelas, artinya alasan dari status pengajuan kredit tersebut berhak diketahui oleh calon konsumen/debitur. Namun terdapat pengecualian. Bank/Multifinance/Perusahaan Gadai/Fintech/Perusahaan Jasa Keuangan yang diawasi OJK berhak tidak memberitahukan alasannya apabila hal tersebut berkaitan dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (ketentuan anti tipping off).

Jadi bagi anda yang sedang mengajukan permohonan kredit, namun tidak mengetahui status dan alasan perihal pengajuan kredit tersebut, maka anda dapat mengajukan keberatan kepada Perusahaan tersebut berdasarkan Pasal 6 ayat 1 dan 2 POJK Nomor 1/POJK.07/2013. Apabila keberatan anda ditolak/diabaikan, maka anda dapat melaporkan hal tersebut kepada OJK.

Semoga Bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here