Berapa batasan menyimpan uang pada Fintech Payment Gateway ?

0
149

Bank Indonesia selaku regulator Fintech Payment Gateway telah mengeluarkan kebijakan perihal penyelenggaran Uang Elektronik (emoney). Kebijakan tersebut tertuang pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik.

Dalam peraturan uang elektronik tersebut, BI memberikan batasan nilai/saldo uang elektronik yang disimpan pada sistem yang dimiliki Perusahaan Penyelenggara uang elektronik atau Fintech Payment Gateway. Pada pasal 45 ayat 1 huruf a dan b dikatakan bahwa:

Batas Nilai Uang Elektronik yang dapat disimpan pada Uang Elektronik ditetapkan sebagai berikut:
a. untuk Uang Elektronik unregistered paling banyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah); dan
b. untuk Uang Elektronik registered paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

Lalu apa yang dimaksud dengan uang elektronik unregistered dan registered ?

Unregistered, yaitu Uang Elektronik yang data identitas Penggunanya tidak terdaftar dan tidak tercatat pada Penerbit; dan registered, yaitu Uang Elektronik yang data identitas Penggunanya terdaftar dan tercatat pada Penerbit.

Sebagai contoh, Misalnya anda pengguna aplikasi uang elektronik, dalam pendaftaran di aplikasi tersebut anda hanya mendaftarkan nama, nomor HP dan alamat email saja, hal ini disebut unregistered  karena identitas lengkap anda tidak tercatat. Selanjutnya bila anda mendaftar secara lengkap dengan menginput NIK KTP, Foto diri dsb maka anda disebut registered.

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here