Bolehkah Kantor Cabang Multifinance pindah alamat lintas Kabupaten/Kota ?

0
211

Perpindahan alamat Kantor Cabang lazim dilakukan oleh Perusahaan Pembiayaan (Multifinance). Perpindahan mungkin dilakukan oleh karena beragam faktor, bisa karena lokasi kantor saat ini dirasa kurang strategis atau karena kepemilikan gedung kantor yang bermasalah dan lain sebagainya. Namun bagaimana bila Kantor Cabang tersebut pindah kelokasi yang berbeda kabupaten/kota dari lokasi yang ditempati sebelumnya?

Contoh: Kantor Cabang PT ABC Finance saat ini beralamat di Kabupaten Bandung dan Kantor Cabang tersebut ingin pindah ke Kabupaten Bandung Barat. Seperti apa proses perizinannya? Apakah cukup hanya mengirimkan surat pindah alamat saja ke OJK? Mari kita bahas.

Perihal perpindahan alamat Kantor Cabang berkaitan dengan perizinan dan kelembagaan, maka hal tersebut diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 28/POJK.05/2014 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Pembiayaan.

Berkaitan dengan kasus diatas secara spesifik terdapat pada Pasal 50 POJK Nomor 28/POJK.05/2014 yang berbunyi:

Perusahaan dilarang melakukan perubahan alamat Kantor Cabang di luar kabupaten/kota yang menjadi lingkup kewenangan Kantor Cabang sebelumnya.

Maka jawaban dari pertanyaan diatas adalah Tidak Boleh. Bila tidak boleh maka solusi berdasarkan contoh diatas adalah PT. ABC Finance harus melakukan penutupan Kantor Cabang yang beralamat di Kabupaten Bandung dan melakukan Pembukaan Kantor Cabang yang beralamat di Kabupaten Bandung Barat. Dengan catatan proses Penutupan dan Pembukaan Kantor Cabang tetap mengikuti ketentuan yang belaku.

Bila Perusahaan Pembiayaan (Multfinance) melanggar ketentuan Pasal 50 tersebut, maka dapat dikenakan sanksi peringatan, pembekuan kegiatan usaha dan pencabutan izin usaha.

 

Semoga Bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here